KEPARIWISATAAN KABUPATEN SUBANG
JAWA BARAT





Kabupaten Subang  yang terletak di wilayah Jawa Barat dengan luas sebesar 205.176.95 hektar memiliki kekayaan alam yang lengkap dan keunggulan dalam posisinya yang strategis. Terbagi menjadi 3 kawasan yaitu kawasan pegunungan atau dataran tinggi, kawasan tanah atau dataran dan kawasan pesawahan serta kawasan pesisir laut atau pantai. Perpaduan topografi ini menjadi daya tarik tersendiri dan diuntungkan dengan lahan subur yang cocok untuk digunakan usaha agribisnis.



Topografi 3 kawasan tersebut juga mewarnai ragam obyek wisata yang ditawarkan kepada para wisatawan yang akan mengunjungi Kabupaten Subang. Dapat dijabarkan dengan uraian sebagai berikut :



1.     Zona selatan yaitu berada di dataran tinggi/pegunungan menawarkan nuansa tersendiri untuk para wisatawan yang ingin  menghabiskan waktunya untuk berlibur dengan menikmati udara khas pegunungan yang dingin, alam panoramanya yang masih alami dan asri serta sarana dan prasarana di dalamnya. Obyek wisata alam yang sudah dikembangkan dan bertaraf internasional yaitu Kawasan wisata Ciater dan Gunung Tangkuban Parahu menjadi daya tarik utama/unggulan di zona selatan. Serta beberapa obyek wisata lain yang masih perlu dikembangkan.


2.     Zona Tengah dengan kekayaan budaya dan sejarah yang memiliki nilai historis perjuangan anak bangsa seperti Museum rumah sejarah dan museum amerta dirgantara Kalijati, juga museum Wisma Karya yang menyimpan benda – benda cagar budaya peninggalan masa lalu. 


3.     Zona Utara yang terletak di daerah pesisir pantai dengan obyek wisata alam laut yang masih alami serta belum dikembangkan secara maksimal, seperti pantai Pondok Bali, pantai Patimban juga terdapat penangkaran buaya belanakan. Di kawasan pesisir ini kita juga dapat merasakan nuansa wisata kuliner laut yang khas seperti ikan etong yang jarang dijumpai di daerah lain.




 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

CURUG / AIR TERJUN

DESA WISATA